Jumat, 11 Mei 2012

Mengapa Pluto Tidak Lagi Disebut Planet


Konperensi Persatuan Astronom Internasional yang berlangsung di ibukota Ceko, Praha, telah memutuskan Pluto bukan lagi sebuah planet.
Pada hari Kamis, Konperensi Persatuan Astronom Internasional berpendapat Pluto terlalu kecil untuk masuk sebagai planet.
Dan selama ini para astronom memang sudah meragukan status Pluto sebagai planet ke sembilan dalam tata surya kita.
Pluto, bongkahan es kecil di ruang angkasa, memang menjadi planet terkecil dalam tata surya sejak ditemukan pada tahun 1930.
Obyek yang tidak mengandung kehidupan ini sudah lama terancam pengusiran dari kelompok elit sembilan planet dalam tata surya.
Planet kerdil
Dengan semakin banyaknya temuan tentang Pluto, para astronom semakin tidak yakin dengan pemberian status planet pada Pluto.
Dan pada tahun 1990-an, dengan kemampuan teleskop yang makin meningkat, terlihat bahwa banyak obyek lain yang mirip Pluto di kawasan ruang angkasa yang disebut Sabuk Kuiper.
Tata Surya
Pluto memerulkan waktu 247 tahun untuk mengelilingi matahari
Para astronom juga menyadari bahwa orbit Pluto amat berbeda dengan delapan planet lain di Tata Surya, karena pluto memerlukan waktu 247 tahun untuk mengelilingi matahari.
Namun pukulan terbesar atas Pluto terjadi ketika beberapa tahun lalu ditemukan sebuah asteroid yang disebut 2003 UB313 di kawasan yang sama tetapi benda itu memiliki ukuran yang lebih besar dari Pluto
Upaya pertama adalah memperluas definsi planet sehingga Pluto bisa masuk dengan menyebut planet-planet yang lebih kecil sebagai planet kelas pluton.
Namu para ahli geologi menolak istilah tersebut karena nama itu sudah mereka gunakan untuk sejenis bebatuan yang tebal.
Untuk itu para astronom internasional yang bersidang selama hampir dua minggu di Praha memutuskan untuk menyusun definisi baru bagi sebuah planet, dan Pluto tidak memenuhi syaratnya.
Pluto kini mendapat status sebagai planet kerdil.
Obyek-obyek lain yang mirip dengan Pluto seperti bulannya Pluto, Charon, dikelompokkan sebagai obyek Plutonian. Sementara obyek lainnya yang mengelilingi matahari disebut sebagai benda kecil di tata surya.

0 komentar:

Posting Komentar